AS Tolak Energi Dijadikan Senjata Politik

| Selasa, 08 April 2014
Wapres AS Joe Bidden (Foto:Reueters) Wapres WASHINGTON - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berjanji akan mencegah Rusia yang menjadikan energi sebagai senjata politik. Saat ini Rusia tengah disorot akibat masalah Crimea.

Ditekankan Biden, sangat penting meningkatkan keamanan energi Ukrania serta bekerjasama dengan Ukrania dan negara sekutu lainnya. Hal ini ditujukan untuk memastikan bahwa tidak ada negara yang dapat menggunakan energi sebagai senjata politik.

pernyataan tersebut di sampaikan melalui telefon denga Perdana Menteri Ukrania Arseniy Yatsenyuk pada Jumat kemarin. Demikian dilansir dari India Express, Sabtu (4/5/2014).

Ukrania sedang berjuang untuk menemukan sumber energi baru setelah Rusia mengeluarkan kebijakan terkait kenaikan harga gas sekira 80 persen. Kenaikan tersebut membuat Ukrania mengalami krisis energi akibat terlalu bergantung kepada gas yang mayoritas didapatkan dari Rusia.

Sekedar Informasi, Pada hari Kamis 3 April 2014, Presiden AS Barack Obama sudah menandatangani RUU yang akan memberikan Kiev pinjaman 1 miliar USD. Kebijakan tersebut diperkirakan dapat menolong kesulitan Ukrania. Dana Moneter Internasional (IMF) pada bulan lalu mengumumkan bantuan untuk Ukrania sekira USD14-18 miliar.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲