Kapan Ballon d'Or 2013 Diumumkan? Siapa Pemenangnya?

| Kamis, 09 Januari 2014
Bersaing ketat!

Komite Sepakbola FIFA, bersama dengan pengamat sepakbola dari France Football, sudah mengumumkan 23 nama pemain yang masuk daam daftar kandidat peraih Ballon d'Or 2013 pada 29 Oktober tahun lalu.

Kelompok ini kemudian mengurangi daftar tersebut menjadi hanya tiga kandidat juara di pekan kedua pada bulan Desember, yaitu Lionel Messi, Franck Ribery dan Cristiano Ronaldo.

Siapa yang nantinya akan dinobatkan sebagai pemenang Ballon d'Or 2013 akan diumumkan di Zurich Kongresshaus pada 13 Januari 2014 dan ditayangkan langsung oleh sejumlah stasiun televisi.

APA SAJA YANG TELAH DIRAIH TIGA KANDIDAT TERSEBUT?

Ribery bisa dikatakan sebagai pemain paling sukses pada 2013. Dia mengantar Bayern meraih tiga gelar juara bergengsi, Liga Champions, Bundesliga Jerman dan Piala Jerman. Dia juga sukses membawa Bayern memenangi Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub, ditambah mengantar Prancis lolos ke putaran final Piala Dunia 2014.

Ada pun Ronaldo tak bisa dikatakan mencatat hasil yang bagus bersama timnya Real Madrid karena tak ada satu pun gelar didapat. Tapi bersama timnas Portugal, Ronaldo membuat prestasi dan performa yang sangat mengesankan dan membawa timnya lolos ke putaran final Piala Dunia 2014.

Sementara Messi kembali mencatat hasil spesial bersama Barcelona. Di kompetisi domestik timnya diantarkan ke tangga juara La Liga Spanyol dan Piala Super Spanyol. Kendala cedera sempat menghentikan performanya selama beberapa bulan, tapi harus diakui tahun 2013 menjadi salah satu tahun terbaiknya.

ADAKAH PENGANUGERAHAN PENGHARGAAN LAINNYA?

Selain Ballon d'Or, juga akan ada sejumlah penghargaan yang akan diberikan kepada sejumlah orang yang layak mendapatkannya, seperti Pelatih Terbaik Tahun 2013 untuk kategori tim pria, Pemain Terbaik Tahun 2013 untuk kategori wanita, Pelatih Terbaik Tahun 2013 untuk kategori tim putri, Penghargaan Presidensial FIFA, Penghargaan Fair Play dan Penghargaan Puskas FIFA.

Untuk Pelatih Terbaik Tahun 2013, kandidatnya ada tiga, mantan pelatih Bayern Jupp Heynckes, pelatih Borussia Dortmund Jurgen Klopp dan mantan arsitek Manchester United Sir Alex Ferguson. Prestasi mereka, dua pelatih pertama sukses mengantar timnya ke babak final Liga Champions dan bersaing sengit di kompetisi domestik, sementara Sir Alex membawa United menjadi juara sebelum memutuskan pensiun.

Nadine Angerer, Marta dan Abby Wambach menjadi tiga kandidat peraih penghargaan Pemain Terbaik 2013 dari kategori wanita. Marta sejauh ini menjadi pemain yang paling sering mendapatkan penghargaan tersebut di lima kesempatan.

Arsitek timnas putri Swedia Pia Sundhage, bos timnas Jerman Silvia Neid dan pelatih tim putri Wolfsburg Ralf Kellermann menjadi orang yang bersaing untuk penghargaan Pelatih Terbaik 2013 di kategori tim putri.

Dan akhirnya Zlatan Ibrahimovic, Nemanja Matic dan Neymar bersaing untuk mendapatkan penghargaan Puskas FIFA lewat gol terbaik 2013, sementara Skuat terbaik FIFA/FIFPro 2013 juga akan diumumkan.

SIAPA PEMENANG BALLON D'OR SEBELUMNYA?

Pada tahun 2010, ajang penghargaan Ballon d'Or milik France Football bergabung dengan penghargaan Pemain Terbaik milik FIFA.

Selama itu juga, Lionel Messi tampil dominan dengan memenangi tiga trofi yang telah dibagikan.


TAHUN PEMENANG TEMPAT KEDUA TEMPAT KETIGA
2010 Lionel Messi Andres Iniesta Xavi
2011 Lionel Messi Cristiano Ronaldo Xavi
2012 Lionel Messi Cristiano Ronaldo Andres Iniesta

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲